Tempat Tinggal di Jepang: A sampai Z

Apa kalian bimbang memilih akomodasi di Jepang tetapi tidak yakin ingin akomodasi seperti apa? Jangan berkecil hati, banyak mahasiswa-mahasiswa lain juga memiliki kesulitan yang sama. Sebab itu, kami dari pihak PPIJ akan memberikan beberapa solusi untuk memudahkan proses pencarian akomodasi teman-teman! 

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah tipe-tipe akomodasi yang bisa kalian pilih, seperti  asrama, sharedhouse, studio/apartment, dan homestay. Berikut adalah penjelasannya:  

  1. Asrama adalah suatu pilihan mutlak bagi mahasiswa yang baru datang ke Jepang. Universitas kalian masing-masing pasti memberikan akomodasi berupa sebuah asrama untuk mahasiswa baru yang lengkap dengan fasilitas dasar yang menjamin kenyamanan tahun pertama kalian. Walaupun efisien dan simpel, memilih asrama tidak terlalu menjamin kebebasan kehidupan sehari-hari kalian karena masih terikat formalitas kampus dan administrasinya. 
  1. Shared House adalah bentuk akomodasi yang menyerupai sebuah kos-kosan dan menjadi pilihan yang tepat bila kalian mencari akomodasi yang efisien, praktis, dan hemat. Kalian bisa mengontrak shared house dengan beberapa teman dekat ataupun beberapa kenalan kuliah. Kedua pilihan ini dapat membuat pengalaman perkuliahan kalian menjadi teramat unik dan menjadi cara untuk belajar hidup independen.  
  1. Studio atau apartemen merupakan akomodasi yang mirip dengan sistem kontrakan di Indonesia. Lebih tepatnya, akomodasi studio atau apartemen mengharuskan kalian untuk menandatangani kontrak formal dengan pemilik akomodasi sebagai persetujuan formal antara pemilik dan tenant yang menjanjikan jangka waktu mengontrak yang cukup panjang (sekitar 1 – 2 tahun). 
  1. Homestay tidak jauh berbeda dengan shared house dan didasarkan pada prinsip berbagi akomodasi dengan beberapa orang lain. Namun, dalam sebuah homestay, kalian sebagai mahasiswa dapat menempati akomodasi lokal dan tinggal bersama masyarakat lokal setempat. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang menggemari pengalaman baru. 

Selain mengetahui jenis-jenis akomodasi yang tersedia, kalian juga harus mengetahui cara mencari  akomodasi-akomodasi tersebut. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan adalah browsing di internet, mencari saran dan masukan dari berbagai pihak, dan juga tuliskan jenis akomodasi yang sesuai dengan kenyamanan kalian. Beberapa website yang dapat membantu kalian dalam mencari akomodasi adalah sebagai berikut: 

  1. Homii

Homii termasuk website yang handal untuk membantu kalian mencari akomodasi di Jepang. Jika kalian ingin mencari akomodasi homestay yang dapat memberikan pengalaman otentik Jepang, kalian bisa langsung menggunakan website Homii disini untuk menemukan host di Jepang, host tersendiri merupakan tuan rumah yang akan menyediakan kalian akomodasi di Jepang nantinya. 

  1. Website Agensi

Ada berbagai macam agensi real estate yang bisa kalian hubungi. Agensi real estate yang ada mungkin akan bergantung pada area perkuliahan yang kalian pilih, namun pada dasarnya opsi ini akan selalu ada dimanapun kalian berada. Beberapa agensi real estate yang ada adalah Betsudaikohsan dan Hayashiiousan, namun dalam menggunakan agensi, kalian harus menyiapkan agency fee yang tidak begitu ekonomis. Website-website tersebut bisa diakses dari sini. 

Selain website agensi, juga terdapat beragam website lain yang lebih generik. Website-website ini memuat kompilasi pilihan-pilihan akomodasi sesuai keinginan kalian, namun mereka biasanya hanya memberikan informasi dasar mengenai akomodasi yang kalian inginkan serta rincian kontak pemilik akomodasi. Beberapa contoh website ini adalah E-heya, Lifull Homes dan Suumo.

  1. Facebook Group

Pada umumnya masing-masing universitas di Jepang banyak menggunakan Facebook sebagai alat  komunikasi utama antar mahasiswa. Grup facebook ini banyak memuat informasi mengenai kehidupan sehari-hari di Jepang dan menjadi  digital marketplace dimana mahasiswa-mahasiswa dapat memperjualbelikan barang-barang yang mereka butuhkan. Terkadang, terdapat  listing akomodasi shared house yang lowong atau host yang sedang butuh seorang roommate. Informasi lebih lanjut mengenai komunitas-komunitas ini bisa dilihat langsung dari laman universitas masing-masing ya!

Beberapa tips dan tricks lain yang dapat kalian gunakan ketika mencari akomodasi adalah sebagai berikut:  

  1. Mengetahui biaya hidup bulanan masing-masing area di Jepang. Di bawah ini adalah informasi mengenai biaya hidup bulanan di masing-masing area di Jepang.
  1. Mencari informasi dengan menanyakan pengalaman senpai atau student office universitas kalian. Mereka dapat memberi informasi yang relevan dalam pencarian akomodasi seputar kehidupan di Jepang bagi mahasiswa baru seperti memberikan rekomendasi akomodasi di area yang digemari mahasiswa dan fasilitas sekelilingnya. 
  1. Jangan gegabah dalam menandatangani kontrak. Alangkah baiknya bila kalian  meminta tolong senpai atau student services untuk membantu menelaah isi kontrak, mendatangi akomodasi yang akan kalian tinggali, dan meriset lokasi, fuinki, dan kenyamanan daerah sekitar akomodasi kalian. 
  1. Pertimbangkan shared house atau mengontrak apartemen dengan beberapa orang lain untuk memiliki pengalaman yang unik sambil tetap irit. Tidak hanya meminimalkan  biaya per bulan, kalian dapat merasakan dan belajar bermufakat dalam kehidupan sehari-hari, berkomunikasi, mengelola keuangan, dan lain-lain. 

Begitulah informasi mengenai akomodasi di Jepang. Pastinya, sesuaikan tipe akomodasi yang kalian pilih dengan kenyamanan kalian ya! Setiap jenis akomodasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun semua akan bisa dinikmati jika dilihat dari sisi positif. Akomodasi yang kalian pilih akan sangat mempengaruhi pengalaman studi di Jepang, jadi pilihlah dengan bijak!

Penulis: Moudisha Zeeva

Penyunting: Ghafi Reyhan