Mengupas Kerja Paruh Waktu di Jepang

Penulis: Laila Azzahra

Penyunting: Ghafi Reyhan

Berkesempatan untuk belajar dan tinggal di Jepang merupakan sebuah pengalaman yang unik dan jarang terjadi. Sebab itu, ada baiknya agar kita dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk banyak belajar dari berbagai pengalaman yang tersedia di Jepang. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan selagi di Jepang untuk menambah pengalaman dan juga meningkatkan skill kita, salah satunya adalah kerja sambilan (part-time job) atau yang dalam bahasa Jepang disebut ”アルバイト”. 

Hal yang perlu diperhatikan ketika mencari part-time job:

Jangan lupa untuk membuat work permit

Untuk dapat melakukan Part-Time job di Jepang, maka kalian membutuhkan work permit. Sebagai pelajar, kalian hanya diperbolehkan bekerja hingga 28 jam per minggu (dan hingga 40 jam selama liburan panjang). Untuk mendaftar, kalian harus menyerahkan formulir dan menunjukkan paspor. Formulir ini tidak dipungut biaya dan tersedia di Biro Imigrasi tempat kalian. Selain itu, proses ini juga dapat dibantu oleh student office di universitas kalian. Perhatikan bahwa kalian dapat mengirimkan formulir saat masuk di Jepang (yaitu di bandara). Ketika proses ini selesai, maka bagian belakang residence card atau 座流カード (zaryuu-kado) kalian akan dicap untuk membuktikan bahwa kalian telah berhasil mendapatkan work permit. 

Sangat disarankan untuk memiliki kemampuan Bahasa Jepang yang baik

Dapat berkomunikasi dengan bahasa Jepang yang baik merupakan hal esensial ketika kalian ingin mendapat part-time job di Jepang. Dengan memiliki skill ini, kalian mendapatkan kesempatan untuk mendaftar ke pekerjaan yang lebih banyak dan beragam dibandingkan ketika kalian tidak memiliki skill bahasa Jepang yang baik. 

Jangan sampai tertukar antara パート dan アルバイト

Berbagai lowongan part-time job di Jepang mencantumkan istilah パート dan アルバイト, namun dua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Istilah パート digunakan untuk wanita saja, yang umumnya sudah menikah (hingga usia 49 tahun) dan bukan pelajar. Di sisi lain, アルバイト tidak ada perbedaan gender. アルバイト adalah untuk mahasiswa yang tidak bekerja penuh waktu dengan upah per jam, belum menikah dan berusia hingga 34 tahun.

Jalur untuk mendapatkan Part-time Job:

Networking

Mencari part-time job di Jepang bukan merupakan sesuatu yang mudah, apalagi ketika kalian baru memulainya. Untuk itu, mencari pekerjaan melalui jalur ini merupakan sesuatu yang dapat kalian lakukan. Kalian dapat dengan aktif bertanya tentang berbagai lowongan pekerjaan pada senior kalian di kampus atau teman-teman kalian yang sudah memiliki part-time job. Beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia biasanya tidak dimasukkan ke internet maupun koran atau majalah, namun melalui proses Syoukai (紹介) atau diperkenalkan oleh pekerja yang sudah bekerja di tempat itu. Contohnya, jika teman kalian sudah bekerja di suatu tempat dengan baik dan dalam waktu yang cukup lama, maka dia dapat merekomendasikan kalian untuk bekerja di tempat tersebut. Selain mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan, kalian juga dapat mendapat informasi tentang bagaimana pengalaman, budaya kerja, dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan part-time job

Online

Saat ini tersedia banyak website dan aplikasi lowongan pekerjaan yang dapat kalian gunakan. Mencari part-time job di internet merupakan hal yang juga dapat kalian lakukan. Di internet, kalian dapat melihat dengan mudah rincian pekerjaan yang kalian minati, seperti gaji, waktu bekerja, dan persyaratan yang mereka cari. Namun lowongan pekerjaan online biasanya cepat terpenuhi, untuk itu kalian harus lebih cepat dan teliti saat mencarinya. Walaupun ada beberapa website yang masih belum memiliki terjemahan bahasa inggris, banyak website atau aplikasi berbahasa inggris yang ditargetkan untuk pelajar atau mahasiswa internasional. Berikut adalah berbagai website yang dapat kalian kunjungi:

  1. https://jobs.gaijinpot.com/
  2. http://www.indeed.com/q-Online-jobs.html
  3. http://townwork.net/
  4. http://arubaito-ex.jp/
  5. http://gtn-job.com/eng
  6. http://baito.mynavi.jp/ (in Japanese)
  7. https://baitalk.jp/ (in Japanese)

Majalah atau Koran

Ada cara lain yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan part-time job yaitu melalui majalah atau koran. Majalah Pekerjaan merupakan salah satu sumber lowongan pekerjaan yang cukup terkenal di jepang. Kalian dapat mengambil terbitan gratis di konbini atau convenience store, seperti majalah Townwork, salah satu majalah pekerjaan terkenal di Jepang yang bersampul Kuning. Selain itu, kalian juga dapat mencari lowongan part time di papan buletin, iklan di koran maupun mengunjungi kantor lokal agen tenaga kerja.

 

Sumber:

https://www.motivistjapan.com/getting-part-time-jobs-in-japan/

https://japanese.stackexchange.com/questions/36273/are-%E3%83%91%E3%83%BC%E3%83%88-and-%E3%82%A2%E3%83%AB%E3%83%90%E3%82%A4%E3%83%88-different/36274