5 Aplikasi untuk Memudahkan Hidup di Jepang

Pandemi memang belum usai, tapi tidak ada salahnya bagi kita untuk mempersiapkan diri bepergian ke luar negeri lagi. Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan salah satu destinasi favorit untuk berlibur maupun melanjutkan studi. Namun, alangkah disayangkan karena tidak semua kawasan di Jepang dapat memberikan kejelasan informasi pada warga negara asing. Hal ini disebabkan oleh minimnya orang-orang yang bisa berbahasa Inggris di Jepang. Sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa aplikasi yang wajib ada di smartphone kita saat berada di Jepang.

 

Google Translate

Aplikasi ini sangatlah penting bagi masyarakat Indonesia yang hendak berangkat ke Jepang. Dengan sedikitnya penduduk Jepang yang bisa berbahasa Inggris dan banyaknya informasi penting yang hanya tersedia dalam bahasa Jepang, peran Google Translate sangatlah penting bagi warga negara asing yang sedang berada di Negeri Sakura ini. Aplikasi ini memudahkan para penggunanya untuk menerjemahkan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, bahkan tanpa perlu mengetik sekalipun! Kini, aplikasi Google Translate sudah mempunyai fitur scan, dimana para pengguna cukup mengarahkan ponsel mereka ke tulisan yang mau diterjemahkan, dan nanti terjemahannya akan langsung muncul secara otomatis di layar mereka. Ini akan menjadi fitur yang sangat berguna, khususnya apabila kalian ingin membaca suatu pengumuman atau mengetahui bahan baku makanan yang ingin kamu beli.

 

Google Maps

Masih dari perusahaan yang sama, Google Maps merupakan salah satu aplikasi umum yang semua orang punya di smartphone mereka. Google Maps memudahkan penggunanya dalam menjelajahi berbagai tempat di Jepang. Selain menunjukkan rute menuju destinasi, Google Maps juga berguna apabila kita ingin melihat jadwal stasiun kereta serta jalur-jalur kereta yang harus kita lewati untuk mencapai titik tujuan. Fitur street view yang ditawarkan aplikasi ini juga sangat mempermudah kita saat sedang mencari lokasi tujuan.

 

E-wallet

Walaupun jumlah toko yang mendukung jenis pembayaran cashless di Jepang masih sangat terbatas, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengunduh aplikasi-aplikasi e-wallet seperti LINE Pay, PayPal, atau Suica untuk memudahkan transaksi pembayaran kita. Aplikasi Suica, khususnya, merupakan salah satu sistem pembayaran non-tunai yang paling populer di Jepang. Pasalnya, hampir seluruh penduduk Jepang mempunyai kartu Suica, sebab Suica sering digunakan untuk membayar tiket kereta atau bus. Ditambah lagi dengan adanya pandemi ini, makin banyak penduduk Jepang yang menggunakan sistem pembayaran cashless untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain.

 

NAVITIME

Aplikasi ini memudahkan kita untuk bepergian di Jepang ala warga lokal. NAVITIME menyajikan berbagai macam informasi tentang destinasi favorit warga Jepang, serta informasi dasar mengenai transportasi, koneksi internet, dan makanan yang ada di lokasi-lokasi tersebut.

 

Tokyo Subway Navigation for Tourist

Bagi kalian yang khususnya hendak bepergian di wilayah Tokyo, aplikasi ini akan memudahkan kalian untuk memahami sistem transportasi Jepang yang terkenal cukup rumit. Cukup dengan memasukan lokasi berangkat dan destinasi tujuan kalian, aplikasi ini akan menemukan rute subway yang harus kalian naiki dan menunjukan di stasiun-stasiun mana saja kalian harus turun untuk berpindah kereta.

 

Perjalanan kita di Jepang tentunya akan lebih dimudahkan dengan adanya smartphone serta aplikasi-aplikasi yang tertera di atas. Untuk itu, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi-aplikasi ini sebelum keberangkatan kalian ke Jepang ya!

 

Penulis: Eveline Stella Budiman

Penyunting: Ghafi Reyhan