Zairyu Card: “KTP” bagi Warga Asing di Jepang

Jika teman-teman PPIJ berencana pindah ke Jepang untuk belajar atau bekerja, kalian harus tahu tentang Zairyu card. Kartu ini digunakan sebagian besar orang asing yang memiliki izin tinggal jangka menengah atau panjang di Jepang, dan berfungsi sebagai penanda status kependudukan dan bukti identitas yang sah. Yuk kita simak hal-hal yang perlu diketahui tentang Zairyu card!

Apa itu Zairyu card?

Teman-teman mungkin ingin tahu apa sih perbedaan Zairyu card dengan visa. Keduanya memiliki fungsi dan proses pembuatan yang berbeda. Visa adalah dokumen yang diperoleh dari kedutaan atau konsulat Jepang yang ditempelkan pada paspor hanya untuk izin masuk ke Jepang. Adapun Zairyu card atau residence card merupakan kartu penduduk sementara untuk yang akan tinggal di Jepang lebih dari tiga bulan dan diterbitkan saat tiba di bandara di bagian imigrasi.

Contoh Zairyu card yang teman-teman akan dapatkan. Gambar: Kompas.com

Sekilas, Zairyu card menyerupai KTP untuk orang asing. Di Zairyu card akan tercantum informasi pribadi termasuk nama, tanggal lahir, negara asal, alamat tinggal di Jepang, kategori dan status visa, pas foto, serta tanggal terbit dan akhir masa berlaku kartu tersebut. 

Zairyu card diperlukan untuk:

  • Memenuhi persyaratan pemerintah Jepang bagi warga luar negeri. Jangan lupa untuk selalu membawanya bersama kalian selayak KTP ya!
  • Membuka rekening bank
  • Membeli nomor/paket telepon
  • Membeli asuransi

Mendapatkan Zairyu Card

Di sebagian besar bandara internasional seperti Narita, Haneda, Kansai, atau Chubu, kalian bisa langsung mengajukan dan menerima Zairyu card dengan hanya melalui proses pengambilan cap jari tangan dan pas foto.

Tapi jangan khawatir kalau kalian datang melalui rute-rute lain. Pengajuan Zairyu card dapat dilakukan di kantor pemerintah daerah saat kalian sudah sampai di tempat tinggal selama di Jepang, dan kartu akan dikirim ke alamat tinggal tersebut.

Zairyu card harus diperpanjang sebelum masa berlakunya habis. Saran kami adalah untuk memulai pengajuan perpanjangan setidaknya lebih dari sebulan sebelumnya. Perlu kalian ingat bahwa selama proses perpanjangan, Zairyu card tidak boleh expired, jadi memang lebih baik jika perpanjangan kartu ini dilakukan jauh-jauh hari.

Persyaratannya?

Hanya orang-orang yang berkepentingan khusus saja yang bisa mendapatkan Zairyu card, seperti pelajar, pekerja, peserta magang, seseorang yang menikah dengan warga Jepang, atau anak orang yang memiliki keturunan warga Jepang. Jadi, kalau hanya bertujuan wisata, kalian tidak bisa mengajukan untuk mendapatkan kartu ini.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan adalah:

  • Certificate of Eligibility (COE)
  • Form pengajuan pembuatan kartu
  • Paspor
  • Dokumen pendukung lainnya seperti surat keterangan pelajar dari institusi pendidikan teman-teman, surat keterangan kerja, dan sebagainya.

Ada juga beberapa follow-up yang teman-teman harus lakukan setelah menerima Zairyu card ataupun masih menunggu pemrosesan oleh kantor imigrasi. Misalnya, mendaftarkan diri di kantor pemerintah daerah dengan membawa Zairyu card. Jika kalian berencana untuk pergi selama kurang dari satu tahun dari Jepang, Zairyu card kalian akan tetap berlaku untuk masuk kembali ke Jepang. Tapi, selebihnya, kalian harus mengajukan izin untuk kembali sebelum meninggalkan Jepang.

Karena Zairyu card ini sangat penting untuk kalian bawa dimana dan kapan saja, segera melapor kalau kehilangan Zairyu card kalian untuk membuat yang baru, atau untuk update informasi jika berganti identitas atau pindah alamat.

 

Penulis: Jonathan Widjaja

 

Sumber:

https://wise.com/en-jp/blog/zairyu-card-guide

https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/5384/